Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 2 No. 6 (2023): Desember 2023

Pola Perencanaan Pembelajaran SD/MI Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi Berbasis Minat

Gunawan Santoso (Unknown)
Cecep Maman Hermawan (Unknown)
Okta Rosfiani (Unknown)
Nadiah Rohadatul Aisy Shabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran Terdiferensiasi (PT) menyajikan pendekatan pembelajaran di mana seorang guru secara proaktif mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan peserta didik yang beragam. Dalam kelas yang Terdiferensiasi, guru secara proaktif merencanakan dan melakukan berbagai pendekatan terhadap isi, proses, dan produk untuk mengantisipasi dan menanggapi perbedaan siswa dalam hal kesiapan, minat, dan kebutuhan belajar. Hal ini menjadi sarana pengembangan profesional guru untuk menerapkan perencanaan pembelajaran terdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi harus dimulai dengan pemahaman guru atas siswa yang kemudian melakukan model pembelajaran yang menunjukkan aktivitas kelas, kelompok kecil maupun individu untuk meningkatkan kompetensi siswa yang beragam. Beberapa penelitian berfokus pada harapan dan kenyataan pembelajaran terdiferensiasi yang dinamis atau perspektif pimpinan sekolah. Belum ada penelitian yang fokus mendalami perencanaan pembelajaran terdiferensiasi berbasis minat yang dilakukan oleh guru atau sekelompok guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan guru merencanakan pembelajaran terdiferensiasi yang begitu dinamis dan memerlukan pemahaman dan kompetensi guru yang tinggi, baik dalam konten, proses, maupun produk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Studi Kasus yang dilakukan kepada beberapa guru di SD/MI di Tangerang Selatan yang belum maupun sudah mengikuti bimbingan teknis pembelajaran terdiferensiasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan melakukan triangulasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...