Jurnal Manajemen Informatika & Teknologi
Vol. 5 No. 1 (2025): Mei : Jurnal Manajemen Informatika & Teknologi

Implementasi Game Edukasi Berbasis Multimedia Studi pada 'The Way of Life' untuk Siswa Sekolah Dasar

Budi Hartono (Unknown)
Santi Widiastuti (Unknown)
Hendri Rasminto (Unknown)
Desta Pratama Arya Adjie (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan sebuah permainan edukatif anak berjudul "The Way of Life" yang diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan multimedia. Permainan ini dibuat untuk mendukung anak-anak dalam memahami nilai-nilai kehidupan dan keterampilan dasar melalui interaksi yang menyenangkan dan informatif. Proses pembuatan game ini dimulai dengan analisis kebutuhan dan perancangan konten yang sesuai dengan kurikulum pendidikan dasar. Konsep permainan mencakup elemen pendidikan seperti pengenalan nilai-nilai etika, keterampilan sosial, serta pengetahuan dasar lainnya yang disampaikan melalui cerita yang menarik dan interaksi multimedia. Rancangan game ini mencakup penggunaan grafik warna-warni, animasi, dan suara untuk menghadirkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Metode pengembangan yang diterapkan meliputi tahap perancangan, pengembangan, pengujian, dan evaluasi untuk memastikan bahwa game ini mencapai tujuan edukasi dan berfungsi optimal pada perangkat yang digunakan oleh siswa. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa permainan "The Way of Life" mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kehidupan serta keterampilan dasar dengan pendekatan yang menarik dan efektif. Percobaan yang dilakukan pada sekelompok murid sekolah dasar menunjukkan reaksi positif terhadap elemen pendidikan dan kesenangan dari permainan ini. Dengan cara ini, permainan edukasi ini dapat berfungsi sebagai perangkat yang berguna dalam proses pengajaran, menawarkan pilihan inovatif untuk materi pembelajaran konvensional. Studi ini berkontribusi pada pengembangan media pendidikan berbasis multimedia yang mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mifortekh

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

scope adalah Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Computer Science, IT Audit & Assessment, Programming & Algorithm, Big Data, Data Mining, Cloud Computing, Smart City, IoT (Internet of Things), Artificial Intelligence, Networking & Communication, dengan scope adalah Sebagai berikut: Sistem ...