Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis urgensi dan implementasi desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap agama lain sehingga mampu menghargai perbedaan keyakinan. Penelitian ini dapat memberikan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa mengembangkan empati terhadap individu dari latar belakang agama yang berbeda. Dengan memahami nilai-nilai toleransi, siswa dapat lebih mampu mencegah terjadinya diskriminasi agama di masyarakat. Pendidikan toleransi beragama perlu diberikan kepada siswa sedini mungkin. Menanamkan keterbukaan pikiran sejak dini, dan menerima perbedaan dengan dilandasi nilai-nilai toleransi, tentu akan meminimalisir sikap intoleransi pada siswa.
Copyrights © 2024