AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 2 (2024): Februari

Implementasi Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Beragama di SMAN 1 Cileunyi Bandung

Irawan, Irawan (Unknown)
Jaeni Marjuki (Unknown)
Fahril Husaeni (Unknown)
Endang Komara (Unknown)
Hoerul Umam (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis urgensi dan implementasi desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan desain pembelajaran PAI dalam mengembangkan toleransi beragama di SMAN 1 Cileunyi, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap agama lain sehingga mampu menghargai perbedaan keyakinan. Penelitian ini dapat memberikan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa mengembangkan empati terhadap individu dari latar belakang agama yang berbeda. Dengan memahami nilai-nilai toleransi, siswa dapat lebih mampu mencegah terjadinya diskriminasi agama di masyarakat. Pendidikan toleransi beragama perlu diberikan kepada siswa sedini mungkin. Menanamkan keterbukaan pikiran sejak dini, dan menerima perbedaan dengan dilandasi nilai-nilai toleransi, tentu akan meminimalisir sikap intoleransi pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...