Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 2 (2025)

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT MELALUI PENDEKATAN PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACT) PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

Islami, Jundu Muhammad Mufakkirul (Unknown)
Supriyanto, Achmad (Unknown)
Aprilia, Dyan Putri (Unknown)
Habibi, Muazar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Act) terhadap penerapan Total Quality Management (TQM) pada jenjang pendidikan menengah Pondok Pesantren Yayasan Lenterahati. Pendekatan kuantitatif deskriptif-korelasional digunakan dengan melibatkan seluruh guru SMP dan SMA sebagai sampel total (n=49). Instrumen penelitian berupa angket Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,910). Hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan linier. Uji korelasi menunjukkan hubungan kuat antara PDCA dan TQM (r = 0,771), dengan kontribusi sebesar 59,4% (R² = 0,594). Uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan PDCA terhadap TQM. Temuan ini menegaskan bahwa siklus PDCA efektif mendukung penerapan TQM dalam pendidikan menengah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan implementasi PDCA sebagai strategi peningkatan mutu berkelanjutan di lingkungan sekolah berbasis Islam terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...