Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Act) terhadap penerapan Total Quality Management (TQM) pada jenjang pendidikan menengah Pondok Pesantren Yayasan Lenterahati. Pendekatan kuantitatif deskriptif-korelasional digunakan dengan melibatkan seluruh guru SMP dan SMA sebagai sampel total (n=49). Instrumen penelitian berupa angket Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,910). Hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan linier. Uji korelasi menunjukkan hubungan kuat antara PDCA dan TQM (r = 0,771), dengan kontribusi sebesar 59,4% (R² = 0,594). Uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan PDCA terhadap TQM. Temuan ini menegaskan bahwa siklus PDCA efektif mendukung penerapan TQM dalam pendidikan menengah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan implementasi PDCA sebagai strategi peningkatan mutu berkelanjutan di lingkungan sekolah berbasis Islam terpadu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025