Socius: Social Sciences Research Journal
Vol 2, No 11 (2025): June, 2025

Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran

Musfirah, Nurul (Unknown)
Marjuni, Marjuni (Unknown)
Maulana, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Proses pembelajaran menuntut perencanaan yang matang dan sistematis untuk menjamin tumbuh kembang potensi kognitif dan psikomotorik peserta didik. Salah satu langkah penting dalam perencanaan pembelajaran adalah identifikasi kebutuhan belajar, yang berfungsi untuk menemukan kesenjangan antara kondisi faktual dan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep kebutuhan dalam pembelajaran, jenis-jenis kebutuhan, serta langkah-langkah sistematis dalam proses identifikasinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebutuhan pembelajaran mencakup enam jenis utama, yaitu: kebutuhan normatif, komparatif, yang dirasa, ekspresif, antisipatif, dan insiden kritis. Proses identifikasi kebutuhan dilakukan melalui tujuh langkah berkelanjutan, dimulai dari identifikasi masalah hingga penetapan prioritas tujuan pembelajaran. Kesimpulan dari studi ini menekankan bahwa identifikasi kebutuhan pembelajaran merupakan fondasi penting dalam mendesain pembelajaran yang efektif, efisien, dan adaptif terhadap perkembangan peserta didik dan perubahan kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Socius

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is a multi and interdisciplinary peer-reviewed academic research journal serving the broad social sciences community. The journal welcomes excellent contributions that advance our understanding on a broad range of topics including anthropology, sociology, ...