Kasus intoleran menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan untuk mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk menjawab tantangan tersebut, Sekolah Dasar Saraswati 6 Denpasar menjadi sekolah yang berusaha membumikan Moderasi Beragama lewat sistem Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menelaah penerapan Manajemen Berbasis Sekolah tersebut, dalam membumikan Moderasi Beragama di lingkungan sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini yang ingin dijawab, mengarah kepada esensi Manajemen Berbasis Sekolah, Pembumian Moderasi Beragama, dan implikasi keduanya dalam menumbuhkembangkan Konsep Moderasi Beragama di SD Saraswati 6 Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, diiringi dengan pola pendekatan naturalistik. Berdasar atas sumber data primer dan sekunder, pengolahan data diimbangi dengan analisis data dari pendekatan Miles and Huberman. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa, SD Saraswati 6 Denpasar dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang optimal mampu membumikan Moderasi Beragama lewat kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler secara inovatif. Konklusinya mengarah kepada implikasi positif dalam mengembangkan indikator Moderasi Beragama di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025