JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. 2 (2025): December 2025

Pengaruh PBL-STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Utomo, Muhammad Faruq Wahyu (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji sampai mana efektivitas model pembelajaran Problem-based Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan Student Teams Achievement Division (PBL-STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sebanyak 23 siswa mengikuti pembelajaran pada kelompok eksperimen dan 23 siswa lainnya berada pada kelompok kontrol. Materi yang diajarkan mencakup konsep kesebangunan dan kekongruenan. Berdasarkan nilai post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelompok eksperimen mencapai 70,00, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mendapat nilai rata-rata 52,83, dengan nilai signifikansi p = 0,006 < 0,05. Selain itu, uji Gain ternormalisasi pada kelompok eksperimen yang mendapat hasil 0,589, juga lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan hasil 0,325 (p = 0,001 < 0,05). Nilai Cohen’s d senilai 1,054 menunjukkan tingkat pengaruh yang besar. Secara keseluruhan, temuan ini buktikan bahwasanya model pembelajaran PBL-STAD secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan berpotensi menjadi alternatif inovatif pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...