Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Means-end Analysis (MEA) yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di salah satu MAN di Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA, sebanyak 30 peserta didik termasuk dalam kelompok eksperimen dan 30 peserta didik termasuk dalam kelompok kontrol. LKPD berbasis MEA yang dikembangkan dalam bentuk cetak sehingga memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menggunakan dan mengaksesnya. MEA merupakan variasi dari pembelajaran pemecahan masalah yang membagi permasalahan menjadi current state, goal state, subgoal, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis MEA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Copyrights © 2025