Al-Azkiya : Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 10 No 1 (2025): Al-Azkiya : Jurnal Pendidikan MI/SD

Analisis Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Muthma'innah, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas II dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dari ketiga teknik tersebut peneliti bisa memperoleh informasi tentang kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa setelah mempelajari materi pengurangan dan penjumlahan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan, yaitu ketidak pahaman terhadap penjumlahan dan pengurangan yang terdapat nilai nol; belum memahami cara penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan cara meminjam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

azkiya

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Azkiya adalah jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang menerima berbagai bentuk tulisan yang berkaitan dengan pendidikan anak MI dan SD dan diperioritaskan untuk dosen PGMI dan guru ...