Di era kemajuan pendidikan saat ini, pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa telah menjadi fokus utama. Salah satu bidang perhatian adalah penerapan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher-Order Thinking Skills/HOTS) dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam konteks pemecahan masalah. Kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang kompleks secara efektif telah menjadi tantangan yang sudah lama dihadapi, dengan banyak penelitian yang menyoroti perlunya strategi pengajaran dan sumber belajar yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sering kali belum memadai. Salah satu pendekatan untuk mengatasi masalah ini adalah memberikan pelatihan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis bukti (Evidence-Based Student Worksheets) yang dirancang untuk mendorong HOTS dalam pemecahan masalah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif dan pengalaman guru matematika di Kabupaten Banyuasin terkait pengembangan dan penerapan LKPD berbasis bukti untuk pemecahan masalah berbasis HOTS dalam pembelajaran matematika. Kegiatan dilakukan secara luring dan juga daring selama 3 bulan. Berdasarkan hasil survey, 93% peserta menyatakan puas terhadap kegiatan pengabdian ini dan sangat setuju bahwa kegiatan ini mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025