Full day school adalah sistem pendidikan yang memperpanjang waktu belajar siswa dengan mengintegrasikan kegiatan akademik, ekstrakurikuler, dan pembelajaran agama dalam satu hari penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi full day school dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA Perwanida, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa full day school efektif menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini, yang terlihat dari peningkatan pemahaman dan penerapan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka, serta indikator STPPA yang hampir sepenuhnya terpenuhi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, seperti keterbatasan fasilitas, sumber daya, biaya pendidikan yang tinggi, dan kekurangan tenaga pendidik kompeten. Dukungan orang tua, keterlibatan komunitas sekolah, dan penyesuaian kurikulum yang tepat dibutuhkan untuk keberlanjutan program. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkaya pengetahuan tentang implementasi full day school dalam konteks pendidikan agama anak usia dini. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan keterampilan penelitian, bagi peserta didik untuk menerima pendidikan agama yang lebih intensif, dan bagi pendidik sebagai panduan dalam menerapkan strategi pengajaran agama yang efektif.
Copyrights © 2025