Penelitian ini membahas implementasi teori sibernetik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini melalui media permainan konstruktif Lego. Teori sibernetik, yang menekankan pada sistem pemrosesan informasi dan berpikir komputasi, digunakan sebagai pendekatan dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi informasi. Pendekatan ini membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, algoritmik, dan mengenali pola dalam menyelesaikan masalah. Melalui metode observasi dan wawancara di PAUDQU Ittihadul Ummah, ditemukan fakta bahwa permainan Lego yang dipadukan dengan media interaktif mampu menstimulasi anak dalam membangun solusi atas permasalahan yang dihadapi secara mandiri dan berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teori sibernetik dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kemampuan kognitif dan problem solving anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025