Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi di mana informasi disampaikan dari sumber kepada penerima dengan tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil pembelajaran sulaman tabir pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya keaktifan siswa dan dominannya pembelajaran teacher-centered. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (32 siswa) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (31 siswa). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan peningkatan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen (64,84) dibandingkan dengan kelas kontrol (60,65). Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal (signifikansi > 0,05). Uji homogenitas Levene menunjukkan varians data posttest kedua kelas adalah homogen (signifikansi 0,565 > 0,05). Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,197, yang lebih besar dari alpha (0,05). Meskipun demikian, kesimpulan yang ditarik dalam skripsi adalah H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya sulaman tabir di SMP Negeri 2 Padang Panjang
Copyrights © 2025