Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 4 No. 1 (2025): Volume 04 Nomor 01 (April 2025)

Implementasi Aksi Peduli Pendidikan di SD Inpres 177 Desa Banggae sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar

Saputra, Andika Ardel (Unknown)
Faruq, Ahmad Al (Unknown)
Ja'faruddin, Ja'faruddin (Unknown)
Nasrullah, Nasrullah (Unknown)
Arwadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pendidikan dasar merupakan fondasi utama dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, masih terdapat ketimpangan signifikan antara pendidikan di wilayah perkotaan dan pedesaan, seperti yang terjadi di SD 177 Inpres Desa Banggae, Kabupaten Takalar. Melalui Program Aksi Peduli Pendidikan, mahasiswa melakukan pendampingan pembelajaran untuk mengatasi tantangan tersebut. Program ini mencakup penguatan literasi dan numerasi, peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta pelaksanaan kelas tambahan (extra class) di luar jam sekolah. Metode yang digunakan meliputi observasi kebutuhan, kolaborasi dengan guru, penyuluhan kepada orang tua, dan evaluasi berkala terhadap hasil belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dasar, khususnya dalam bidang membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat secara signifikan. Program ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap capaian belajar siswa, tetapi juga menjadi wadah pembelajaran kontekstual bagi mahasiswa. Dengan demikian, implementasi Aksi Peduli Pendidikan dapat menjadi model intervensi pendidikan berbasis komunitas yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar di daerah terpencil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...