Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 1 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Mind Mapping untuk Mengetahui Pemahaman Diri pada Siswa Kelas X SMK Widya Praja

Tsania, Afna (Unknown)
Rakhmawati, Dini (Unknown)
Setiawan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping dapat mengetahui pemahaman diripada siswa kelas x SMK Widya Praja Ungaran. Jenis penelitian inimenggunakan True Experimen Design. Jumlah subjek yang digunakan sebanyak 22 siswa yang masuk kedalam kelompok eksperimen dan kelompokkontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan skala psikologis pemahaman diri. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t test gunamenguji hipotesis komparatif rata-rata dua sampel dan untuk mengetahui adatidaknya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Hasil analisismenunjukkan bahwa Sig.2-tailed sebesar 0,002 < 0,05 yang artinya terdapatperbedaan rata-rata pemahaman diri siwa kelompok pre-test dan kelas kontrol. Dapat disimpulakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukkanbahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping dapatmengetahui pemahaman diri pada siswa kelas x SMK Widya Praja Ungaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...