Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 1 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengembangan Inventori Perilaku Penerimaan PDBK Berbasis Internet "ACC PDBK" Siswa SMP Negeri 10 Salatiga

Jeslyn, Aurellia (Unknown)
Nurhidayat, Adi (Unknown)
Cahyaningrum, Adi (Unknown)
Loekmono, J.T. Lobby (Unknown)
Soesilo, Tritjahjo Danny (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara Undang-Undang dan peraturan pendidikan inklusi dengan pelaksanaan di lapangan. Peserta didik regular dan pendidik belum menerima sepenuhnya PDBK maka dibutuhkan instrumen untuk mengukur perilaku penerimaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori perilaku penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) berbasis website ACC PDBK di SMP Negeri 10 Salatiga. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Inventori ini dikembangkan berdasarkan teori Acceptance and Commitment Therapy (ACT) yang mencakup enam aspek inti: acceptance, cognitive defusion, present moment awareness, self-as-context, values, dan committed action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inventori ini valid dan reliabel dalam mengukur tingkat penerimaan peserta didik reguler terhadap PDBK. Temuan ini menegaskan pentingnya alat ukur yang valid dan reliabel untuk memahami serta meningkatkan penerimaan terhadap PDBK di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...