Penelitian ini berjudul "Pengalaman Komunikasi Pasien Aplikasi Halodoc" (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Pasien Aplikasi Halodoc di Kota Medan). Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengalaman komunikasi pasien aplikasi halodoc di kota Medan, Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bagaimana pengalaman komunikasi pasien aplikasi halodoc di kota medan, motif pengguna dalam menggunakan aplikasi halodoc, serta apa saja hambatan dalam menggunakan aplikasi halodoc. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz dan teori new media dari Pierre Levy. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui tujuh informan diperoleh bahwa pengalaman komunikasi pasien dalam menggunakan aplikasi halodoc beragam yaitu, pengalaman yang dirasakannya oleh pasien cukup puas terkait konsultasi online melalui Halodoc yang memberikan mereka kemudahan dan kenyamanan, serta disisi lain sebagian pengguna merasa belum puas karena konsultasi hanya dilakukan secara online, motif pasien menggunakan aplikasi halodoc yaitu memudahkan konsultasi mengenai kesehatan tanpa harus pergi kerumah sakit, serta ingin mengetahui gejala awal yang dialaminya untuk mendapatkan kesembuhan. Hambatan dalam menggunakan aplikasi halodoc yaitu, sebagian pengguna Kesulitan dalam menyampaikan keluhan secara detail karena hanya dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka langsung kepada dokter, dan waktu konsultasi yang sering dianggap terlalu singkat untuk membahas keluhan secara mendalam.
Copyrights © 2025