Tunas Nusantara
Vol 7, No.1 (2025)

Analisis Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa SD: Literatur Review

Shabrina, Putri Adela (Unknown)
Fironika Kusumadewi, Rida (Unknown)
Ulia, Nuhyal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pendidikan berkualitas memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan individu. Dalam pendidikan dasar, keberagaman siswa memerlukan pendekatan yang fleksibel dan inovatif untuk memastikan semua siswa memperoleh pendidikan secara optimal. Strategi pembelajaran yang berbeda menggunakan metode, materi, dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan tingkat kemampuan peserta didik. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Berdasarkan tinjauan literatur dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Beberapa studi menunjukkan peningkatan prestasi belajar, motivasi, kreativitas, dan komunikasi matematis siswa setelah penerapan strategi ini. Namun, penerapan pembelajaran berdiferensiasi juga menghadapi tantangan, seperti penyesuaian kebutuhan belajar siswa, keterbatasan sumber daya, manajemen kelas, serta keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Meskipun demikian, Hasil penelitian ini memberi pendidik dasar kepercayaan yang lebih besar untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangakan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtn

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results ...