NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2025): NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, Mei 2025

Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara

Riyanti (Unknown)
Suriyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Program dari Kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan yaitu mengadakan Program Sekolah Penggerak mengarahkan sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka salah satunya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara sudah mulai diterapkan oleh guru-guru pada proses pembelajaran walaupun belum maksimal. Terdapat miskonsepsi tentang pembelajaran berdiferensiasi dan diperlukan analisis lebih lanjut tentang pelaksanaan yang sudah berlangsung sehingga sekolah bisa mengadakan tindak lanjut. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang sudah dilaksanakan guru-guru di SMPN 5 Seponti sehingga diharapkan hasil penelitian dapat menjadi acuan pelaksanaan tindak lanjut untuk pembelajaran berdiferensiasi yang lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan deskripsi, reduksi dan seleksi. Analisis data dengan metode deskriptif melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada proses pembelajaran Matematika, Informatika, Bahasa Imggris dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMPN 5 Seponti. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan berdasarkan konsep berdiferensiasi yang ada pada kurikulum Merdeka yaitu diterapkan pada konten, proses, produk maupun asesmen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Development and implementation of educational curriculum. Learning and education services. Educational evaluation in general, including educational processes and outcomes. Education policy, management and financing. Quality, certification and accreditation of education Utilization of information and ...