Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana layanan administrasi, layanan perkuliahan dan tingkat kepuasan mahasiswa di STKIP-PI YASPI Makassar serta bagaimana pengaruh pengaruh layanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa dan begitu pula dengan layanan perkuliahan apakah mempengaruhi kepuasan mahasiswa, serta pengaruh secara simultan layanan administrasi dan layanan perkuliahan terhadap kepuasan mahasiswa di STKIP-PI YASPI Makassar. Jenis penelitian menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 100 mahasiswa yang ditentukan dengan Teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden mahasiswa. Pengembangan instrumen melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan.Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan ada pengaruh antara layanan administrasi dan layanan perkuliahan terhadap kepuasan mahasiswa dengan kecenderungannya berada pada kategori tinggi. Hasil analisis Inferensial menggunakan regresi linier menunjukkan bahwa: (1) layanan administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (2) layanan perkuliahan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (3) layanan administrasi dan layanan perkuliahan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa
Copyrights © 2025