Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa kelas XII di Banda Naira untuk melanjutkan studi ke program studi pendidikan matematika di Universitas Banda Naira (UBN). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 100 siswa sebagai sampel dari populasi 103 siswa yang mengisi kuesioner. Hasil analisis faktor eksploratori (EFA) menunjukkan bahwa faktor-faktor dominan yang mempengaruhi minat siswa terdiri dari kualitas program studi, teman sebaya, dukungan keluarga, kondisi psikologis, prestasi akademik, lingkungan sosial, akses informasi, kepercayaan diri, reputasi program studi, dan motivasi pribadi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas program studi melalui akreditasi yang lebih tinggi, promosi yang lebih intensif, serta dukungan keluarga dan hubungan baik antar mahasiswa untuk meningkatkan minat siswa dalam memilih program studi pendidikan matematika. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak-pihak terkait dalam merancang kebijakan dan program yang efektif untuk meningkatkan minat siswa dalam pendidikan tinggi.
Copyrights © 2025