Jurnal Ilmiah IPA dan Matematika (JIIM)
Vol. 2 No. 1 (2024): Februari

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

MUHAMMAD ZAINUDDIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian tinjauan literatur ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep kimia di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). PBL, sebagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pengajuan dan pemecahan masalah kontekstual, diyakini memiliki potensi signifikan dalam memfasilitasi pemahaman konsep kimia yang seringkali abstrak dan kompleks. Tinjauan ini mensintesis temuan-temuan dari berbagai penelitian yang meneliti dampak implementasi PBL terhadap pemahaman konsep kimia siswa, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi karakteristik implementasi PBL yang paling efektif dalam konteks pembelajaran kimia di SMA serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi. Hasil sintesis literatur diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam bagi para pendidik dan pengembang kurikulum kimia mengenai potensi PBL sebagai model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa SMA. Implikasi dari tinjauan ini menyoroti pentingnya desain pembelajaran PBL yang terstruktur dan dukungan guru yang memadai untuk mengoptimalkan efektivitasnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiim

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Mathematics Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan bidang IPA dan ...