Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
Vol 4 No 2 (2025): Sirajuddin Juni 2025

ANALISIS PERILAKU BULLIYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DAN CARA PENCEGAHANNYA

Yuliani, Evi (Unknown)
Barkah Agustina (Unknown)
Rofiih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis fenomena bullying yang terjadi di MI Miftahul Ulum Banyuputih Kidul serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 29 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga bentuk bullying yang terjadi di sekolah, yaitu bullying fisik, verbal, dan mental. Siswa sering kali mengalami bullying fisik berupa dorongan, pukulan, serta perlakuan iseng lainnya. Dampak dari bullying ini sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, dengan banyak di antaranya merasa terisolasi, kurang percaya diri, dan enggan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Penurunan motivasi belajar juga mengarah pada penurunan prestasi akademik serta munculnya gangguan emosional seperti kecemasan dan depresi. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan beberapa pendekatan untuk meningkatkan motivasi belajar korban bullying, antara lain dengan memberikan dukungan emosional, menetapkan tujuan belajar yang realistis, menciptakan lingkungan belajar yang aman, serta memberikan penguatan positif. Selain itu, pendidikan tentang empati juga dianggap penting untuk mencegah perilaku bullying dan menciptakan hubungan yang lebih sehat antara siswa. Dengan demikian, upaya pencegahan dan intervensi yang tepat diharapkan dapat mengurangi dampak negatif bullying terhadap perkembangan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sirajuddin

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Facus and Scope The Journal of Islamic Education Studies and Research is published by Miftahul Ulum School of Sharia Sciences of Lumajang. This journal contains the texts of the results of studies and research by Islamic Education researchers and academics ; sciences related to Islamic Education, ...