KAFEBIS
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis

PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN ULANG ONLINE SHOPPING PADA E-COMMERCE SHOPEE

Lubis, Tania Anggelina (Unknown)
Nugroho, Ngajudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan baik secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping aplikasi Shopee. Metode penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kuatitatif yang dikombinasikan dengan penelitian survei. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Shopee yang sering menggunakan ulang online shopping sebanyak 56.000.000 pelanggan, sedangkan jumlah sampel dapat dihitung dengan menggunakan rumus slovin sebesar 100 pelanggan Shopee yang menggunakan ulang aplikasi online shopping Shopee dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil penelitian menjabarkan bahwa secara parsial dan simultan persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping aplikasi Shopee. Dari hasil koefisien determinasi variabel keputusan konsumen untuk menggunakan ulang online shopping dari aplikasi Shopee dapat dijelaskan oleh variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan sebesar 76,7%, sisanya sebesar 23,3% dijelaskan oleh variabel lainnya pada penulisan tugas akhir ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kafebis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi dan Bisnis (KAFEBIS) yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommmensen merupakan jurnal dengan akses terbuka yang tujuannya adalah untuk mempublikasikan makalah penelitian asli terkait dengan kajian masalah ...