cover
Contact Name
Martin Luter Purba
Contact Email
martin.purba@uhn.ac.id
Phone
+6285359621144
Journal Mail Official
jurnalkafebis@uhn.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutomo No. 4A Perintis Kec Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20235
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
KAFEBIS
ISSN : -     EISSN : 30317932     DOI : https://doi.org/10.51622/kafebis.v1i1.1974
Core Subject : Economy,
Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi dan Bisnis (KAFEBIS) yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommmensen merupakan jurnal dengan akses terbuka yang tujuannya adalah untuk mempublikasikan makalah penelitian asli terkait dengan kajian masalah ekonomi dan bisnis. Jurnal ini juga didedikasikan untuk menyebarkan artikel yang diterbitkan secara bebas untuk akademisi, peneliti, praktisi, regulator, dan masyarakat. Jurnal ini menyambut penulis dari berbagai latar belakang institusi dan menerima makalah penelitian empiris atau teoritis dengan metode atau pendekatan apa pun yang relevan dengan ekonomi dan konten bisnis, selama penelitian tersebut sesuai dengan salah satu dari tiga disiplin ilmu yang menonjol: Ilmu ekonomi, Manajemen, atau Akuntansi.
Articles 26 Documents
PENGARUH DANA BAGI HASIL DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA DAERAH KOTA PEMATANG SIANTAR Elidawaty Purba; Darwin Damanik; Pandapotan Damanik
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.1973

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah Kota Pematang Siantar baik secara parsial dan simultan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data regresi liniear berganda ordinary least square, dengan data sekunder yang didapatkan dari BPS Kota Pematang Siantar. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial, Dana Bagi Hasil (X1) berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah Kota Pematang Siantar, Dana Alokasi Umum (X2) berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah Kota Pematang Siantar; Secara simultan, Dnaa Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah Kota Pematang Siantar
PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK, TENAGA KERJA, INVESTASI, BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA UTARA Darwin Damanik; Pawer Darasa Panjaitan; Sandri Saputra Siallagan
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.1974

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, investasi (PMDN) dan belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara periode tahun 2019-2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Dan model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu model regresi data panel. Hasil dari penelitian menggunakan regresi data panel dengan Common Fixed Effect menyatakan hasil Uji Parsial (t) bahwa variabel pertumbuhan penduduk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y), variabel tenaga kerja (X2) inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y), variabel investasi (X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y), Sedangkan variabel belanja modal (X4) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y). Hasil Uji Simultan (F) menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, investasi (PMDN) dan belanja modal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, WORK DISCIPLINE TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PADANGSIDIMPUAN Wisnu Yusditara; Nirmala Haty harahap; Nurdelila
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.1993

Abstract

This study aims to determine the influence of Organizational Culture and Work Discipline on Employee Performance at the Investment and One-Stop Integrated Services Department in Padangsidimpuan City. The analysis method used is multiple linear regression processed with SPSS version 24. The results of the research show that Organizational Culture and Work Discipline have a significant effect on Employee Performance with a significance value of each variable being 0.045 and 0.000, respectively. The regression coefficient for Organizational Culture is 0.567 and for Work Discipline is 0.334, indicating that Organizational Culture has a greater influence than Work Discipline in improving Employee Performance. In addition, the F test gives an F-count value of 65.245 with a significance of 0.000, indicating that Organizational Culture and Work Discipline simultaneously influence Employee Performance. Further analysis shows that 81.8% of the variability of Employee Performance can be explained by these two variables, while the rest is influenced by other factors not discussed in this research. These findings reinforce the hypothesis that Organizational Culture and Work Discipline significantly affect Employee Performance.
PENGARUH KURS RUPIAH, INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP EKSPOR UDANG INDONESIA Christian Desmon Sitorus; Martin Luter Purba; Elvis F Purba
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.2001

Abstract

This study analyzes the influence of exchange rates, inflation, and interest rates on shrimp exports in Indonesia from 1999 to 2019 using multiple linear regression. The research findings indicate that the exchange rate and inflation positively influence shrimp exports, whereas the interest rate negatively impacts them. The regression coefficient for the exchange rate is 10.015, which indicates that each depreciation of the rupiah by 1 rupiah per year will increase shrimp exports by 10.015 tons per year. Conversely, the interest rate has a negative regression coefficient of -3519.690, suggesting that each 1% increase in interest rates will reduce shrimp exports by 3.519,690 tons per year. Inflation has a positive regression coefficient of 3.333,168, indicating that each 1% increase in inflation will increase shrimp exports by 3.333,168 tons per year. However, only the exchange rate shows a significant relationship, with inflation and interest rates not significantly impacting shrimp exports. The model's coefficient of determination is 58.3%, meaning that approximately 58.3% of the variation in shrimp exports can be explained by the exchange rate, inflation, and interest rates. This study provides crucial insights for policy makers and the shrimp industry in considering the factors affecting shrimp exports for the creation of applicable policies and strategies.
PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Konsumen di Irian Supermarket Kota Medan) Hevidora Linny Sinaga; Hanna M. Damanik; Martin Luter Purba
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.2007

Abstract

In the current era of globalization, competition between business people in both domestic and foreign markets continues to increase. This is evidenced by the displacement of traditional markets by various types of modern markets, so that many world centers with various shapes and sizes have emerged. The development of this modern retail business is also popping up in every corner of the city, and this has a positive impact on increasing the retail industry in Indonesia. This research was conducted on Irian Supermarket consumers in the city of Medan. The purpose of this study was to determine the effect of price discounts and in-store displays on impulsive purchases at the Irian Supermarket in Medan. This research was conducted on 105 respondents using a purposive sampling method. The method in this study is quantitative with multiple linear regression and using the SPSS 25 program. From the results of the t test, the price discount variable has a not significant positive effect on impulse buying and the in-store display variable has a significant positive effect on impulse buying at Irian supermarkets, Medan city. There is a low (weak) relationship between price discount and in-store display variables as a whole on impulse buying in Irian supermarkets in the city of Medan, namely 15.1% and the rest is influenced by other variables not examined in this study
ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, DAN PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI INDONESIA PERIODE 2000–2020 Andrean V. Tamba; Martin Luter Purba; Jusmer Sihotang
Jurnal KAFEBIS Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v1i1.2008

Abstract

The aim of this research is to elucidate the influence of government expenditure, domestic investment, and foreign investment on the Gross Domestic Product (GDP) in Indonesia. This research employs an explanatory research type, utilizing a quantitative approach with secondary data. The focus of this research is the development of the Gross Domestic Product in Indonesia from 2000 to 2020. Linear multiple regression analysis is utilized for data analysis in this study. The result of the F-test indicates that government expenditure, domestic investment, and foreign investment collectively significantly affect Indonesia's Gross Domestic Product. Partially, government expenditure, domestic, and foreign investments have a positive impact on GDP; however, only government expenditure exerts a positive effect, while domestic and foreign investments have a negative influence. Based on these data analyses, the government should pay more attention to the realization of government expenditure to exert a more notable effect on the Gross Domestic Product, and also maintain the stability of investment, both domestic and foreign, to support future government planning with the available capital.
ANALISIS PENGARUH DESAIN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SUPER BAKSO INDONESIA: ANALISIS PENGARUH DESAIN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA Maulana Pratama; Sutarno Sutarno; Fauzi Akbar; Ngajudin Nugroho
Jurnal KAFEBIS Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v2i1.2282

Abstract

ABSTRAK Salah satu elemen kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli di Super Bakso Indonesia di Medan. Metodologi penelitian kuantitatif asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah pengguna Super Bakso Indonesia yang berbasis di Medan. Purposive sampling digunakan untuk mengidentifikasi 100 responden untuk sampel penelitian. Survei digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, yang kemudian mengalami analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, pada saat yang sama, keputusan konsumen untuk membeli Super Bakso Indonesia secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas produk. Namun, hanya promosi yang memiliki dampak besar pada keputusan orang untuk membeli.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITARASA DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NELAYAN ASRI BIRU Dewi Anggraini; Siti ertan; Arwin Arwin
Jurnal KAFEBIS Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v2i1.2289

Abstract

Minat beli konsumen adalah keinginan konsumen untuk memiliki suatu produk, minat beli akan timbul apabila seorang konsumen telah dipengaruhi oleh mutu dan kualitas suatu produk serta informasi mengenai produk tersebut. Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen merupakan bagian dari pengalaman konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Kualitas pelayanan dan cita rasa merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan cita rasa dalam meningkatkan minat beli konsumen di Rumah Makan Nelayan Asri Biru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2023. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen Rumah Makan Nelayan Asri Biru dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan secara Accidental Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Nilai signifikan yang diperoleh dari t hitung sebesar 14,159 dengan signifikansi 0,000. dan nilai koefisien determinasi sebesar 67,2%, sedangkan sisanya sebesar 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SUDIMAMPIR GALANG Cindy Sundary Ongko; Ngajudin Nugroho; Sutarno Sutarno
Jurnal KAFEBIS Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v2i1.2290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Toko SudiMampir Galang. Kualitas produk merupakan faktor penting dalam bisnis ritel yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, namun harga juga merupakan aspek krusial yang perlu dipertimbangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada pelanggan Toko SudiMampir Galang. Sampel/jumlah responden yang diambil untuk penelitian terdiri dari 33 pelanggan yang berbelanja di toko tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik, seperti regresi linear, untuk mengukur hubungan antara kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan. Kualitas produk yang tinggi dan harga yang sesuai dengan nilai produk dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Ini mengindikasikan bahwa Toko SudiMampir Galang perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk serta menjaga strategi harga yang kompetitif agar dapat menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi manajemen Toko SudiMampir Galang untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan memperhatikan kualitas produk dan harga sebagai faktor utama yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT SEMESTANUSTRA DISTRINDO, TANJUNG MORAWA – DELI SERDANG Eva Dania; Nurjafa Liaufaldi; Elserra Siemin Ciamas
Jurnal KAFEBIS Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Kajian Fenomena Ekonomi & Bisnis
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/kafebis.v2i1.2291

Abstract

PT Semestanustra Distrindo, Tanjung Morawa - Deli Serdang is a trading company that sells various kinds of biscuits and snacks. This company sells in the form of consignment sales where consignment is: sales are made by entrusting goods to an outlet that acts as a selling agent but the rights to the goods remain in the hands of the owner until sold. The purpose of this research is to determine the influence of product quality on purchasing decisions. The method used in this research is descriptive method, this type of research is quantitative data, primary data obtained through questionnaires. The research population that will be used in the research is all consumers who made purchases from the company during the 2020 period, totaling 204 consumers. Because the population used is 204 consumers, the population will be reduced using the Slovin sampling technique with a confidence level of 95% and an error rate of 5%, where 135 samples are obtained. The analysis technique used is simple linear analysis and statistical tests, namely t-test (partial) using SPSS (statistical package for the social sciences) software. The test results show that product quality partially has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions.

Page 1 of 3 | Total Record : 26