Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan baik dari sumber daya manusia, organisasi birokrasi, serta ketepatan waktu untuk menilai efektif tidaknya dari sebuah pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatakan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengeksplorasi pelaksanaan sistem tersebut.Teknik pengiumpulan data yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bidang pelayanan, seperti memangkas waktu, menghindari dana liar yang tidak diperlukan, dan mewujudkan pelayanan publik yang cepat, terbuka, serta efektif. Sistem ini dilaksanakan secara terstruktur dengan dukungan dari pemerintah dengan kebijakan yang mendukung dari PTSP ini, sarana yang memadai, tatakelola manajemen yang baik, serta anggaran yang didukung. Kendala yang dihadapi juga meliputi sumber daya manusia yang belum cukup baik, organisasi birokrasi yang masih kurang baik, serta keterbatasan waktu dalam melayani dari pihak kepala madrasah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025