Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Efektivitas Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah

Ahyana, Ihday Sabrina (Unknown)
Fihayati, Zuyyina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di UPT SD Negeri 311 Gresik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa program literasi telah diimplementasikan secara sistematis melalui berbagai kegiatan seperti membaca bersama, kunjungan ke perpustakaan, dan pemilihan buku bacaan mandiri, yang berdampak positif terhadap peningkatan minat baca siswa. Namun, masih ditemukan kendala seperti ketimpangan distribusi buku dan terbatasnya pemanfaatan fasilitas literasi digital. Kesimpulanya, program ini dinilai cukup efektif dalam membangun budaya membaca di sekolah,meskipun masih diperlukan peningkatan dalam aspek dokumentasi dan integrasi teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...