Media pembelajaran penting pada proses belajar. Pemilihan media yang tepat dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa pada kelas IV SDN 86/IV Tebat Patah masih tergolong rendah. Hal ini dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung, masih banyak siswa yang bermain, bercerita dan bergurau dengan temannya. Bahkan ada beberapa siswa yang sama sekali tidak tertarik pada proses pembelajaran. Hal ini karena media pembelajaran belum digunakan secara maksimal, terutama penggunaan media konkret. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan penggunaan media konkret. Metode yang digunakan yaitu metode Penelitin Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi minat belajar, angket minat belajar, dan wawancara. Adapun rata-rata minat belajar siswa yang diukur melalui observasi sebesar 78.68% dan skor rata-rata minat belajar siswa yang diukur dengan angket sebesar 72,22%.  Rata-rata minat belajar siswa pada siklus II berdasarkan hasil observasi mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 65.33% menjadi 78.68% pada siklus II. Rata-rata minat belajar siswa pada siklus II, berdsarkan hasil angket mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 80% menjadi 86% pada siklus II. Hal ini dapat disimpulkan, penggunaan media konkret pada pelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 86/IX Tebat Patah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025