Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Hubungan Paparan Gadget Terhadap Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (ASD)

Rohman Hakim, Arif (Unknown)
Santoso, Slamet (Unknown)
Hanif Surya Putra, Ilyasa (Unknown)
Nuri Wardani, Revina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara durasi paparan perangkat elektronik dan keterlambatan bicara pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, studi ini melibatkan 50 anak yang didiagnosis ASD di Sekolah Dasar Negeri Nayu Barat 2. Data dikumpulkan melalui penilaian keterlambatan bicara dan kuesioner terstruktur mengenai durasi penggunaan perangkat elektronik setiap hari. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara paparan perangkat elektronik lebih dari tiga jam per hari dengan tingkat keterlambatan bicara yang lebih tinggi (p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan perangkat secara berlebihan dapat memperburuk keterlambatan bicara pada anak-anak dengan ASD. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya intervensi dini dan pembatasan waktu penggunaan perangkat elektronik sebagai upaya preventif dalam mendukung perkembangan komunikasi anak dengan ASD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...