PESHUM
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Curipod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN 060931

Rut Yesni (Unknown)
Dwi Novita (Unknown)
Nila Lestari (Unknown)
Saida Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Curipod pada siswa kelas IV SDN 060931 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 75,51 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 81,88 dengan ketuntasan 81,25%. Penerapan model PBL berbantuan Curipod terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...