Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan program Islamic Character Building (ICB) di SD IT Fathonah Pakjo Palembang dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan program Islamic Character Building (ICB) di SD IT Fathonah Pakjo Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah Pelaksanaan program Islamic Character Building (ICB) di SD IT Fathonah Pakjo Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan program Islamic Character Building (ICB) di SD IT Fathonah Pakjo Palembang dengan adanya koordinasi dalam pelaksanaan program ICB, adanya motivasisi dalam pelaksanaan program ICB, adanya komunikasi dalam pelaksanaan program ICB, dan pengarahan dalam pelaksanaan program ICB. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, SDM yang terlatih dan partisipasi orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu Kurangnya Konsistensi dari Siswa dan keterbatasan waktu.
Copyrights © 2025