Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2025): Juni 2025

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATERI STATISTIKA (MEAN, MODUS, MEDIAN) PADA SISWA SMP BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Zakiyya, Ismi Ahdan (Unknown)
Fathurrohman, Maman (Unknown)
Anriani, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, dan kinestetik, yang memengaruhi cara mereka memahami materi pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan penting untuk mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika dalam mata pelajaran matematika SMP berdasarkan gaya belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VIII B SMP Al-Khairiyah Cilegon. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep dan partisipasi aktif siswa. Siswa visual terbantu melalui media teks dan gambar, auditori melalui penjelasan lisan, dan kinestetik melalui kegiatan praktik langsung. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, inklusif, dan mendorong motivasi serta kepercayaan diri siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan pengelolaan kelas, strategi ini dinilai efektif dan dapat diterapkan secara berkelanjutan. Pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada materi statistika, dalam kerangka Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...