Salah satu fondasi sistem pendidikan di Indonesia adalah pembentukan karakter pada peserta didik, khususnya pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran persiapan yang diterima peserta didik selama kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter di MI Raudlotul Islamiyah Wonoayu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pendekatan Participatory Action Researcg (PAR) dengan melibatkan peserta didik kelas IV dan V, dalam serangkaian kegiatan kepramukaan seperti latihan baris-berbaris, simulasi tantangan lapangan, pengembangan proyek, dan sesi refleksi karakter. Teknik pengumpulan data lainnya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat, menunjukkan bahwa kegiatan kepramukaan mampu meningkatkan kualitas karakter peserta didik dalam aspek disiplin, tanggung jawab, kerjasama, kepemimpinan, serta kepedulian sosial dan lingkungan. Kegiatan ini juga berhasil terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan islam dan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini dinilai efektif sebagai media pendidikan karakter yang menyenangkan dan aplikatif, serta mampu mendorong kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Dengan demikian, pelatihan kepramukaan merupakan pendekatan yang baik dan relatif baru terhadap pendidikan karakter jika diterapkan di jenjang MI, khususnya madrasah swasta yang berbasis agama
Copyrights © 2025