Kemampuan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto masih rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan menulis merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh peserta didik di kelas tersebut. Mereka masih kesulitan menulis drama yang sesuai dengan struktur, unsur pembangun, dan kaidah kepenulisan yang tepat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Objek penelitian yaitu hasil belajar keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Hasil prasiklus, rata-rata kelas yaitu 67,9 dengan presentase ketuntasan 25%. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 82 yaitu sebesar 14,1% dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil siklus II rata-rata kelas juga meningkat menjadi 88,16 yaitu sebesar 6,16% dengan presentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil tersebut, keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning
Copyrights © 2024