Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 20 No. 1 (2025): Mei: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

HARMONI ANTARA AGAMA DAN SAINS: REFLEKSI ATAS GAGASAN NIDHAL GUESSOUM TENTANG DIALOG AGAMA DAN SAINS

Mastura, Nadhila (Unknown)
M, Amril (Unknown)
Dewi, Eva (Unknown)
Agustina, Anggi Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas mengenai integrasi agama dan sain dalam perspektif Nidhal Guessoum. Urgensi kajian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana integrasi agama dan sains dalam perspektif Nidhal Guessoum. Hasil kajian menyimpulkan bahwa Nidhal Guessoum memberikan pandangan terhadap I’jaz al-qur’an Zahlul al-Najjar, menurut Nidhal pedoman tersebut agak trivial dan tidak fundamental, terlalu kaku secara metodologis. Selanjutnya Nidhal juga memberikan kritik terhadap integrasi agama dan sains Al-Faruqi menurut nidhal, proyek al-Faruqi yang mencari kesesuaian khazanah Islam kepada sains modern dinilai sebagai pengarahan Islam kepangkuan Barat, sehingga Islam hanya bersifat pasif, proyek Islamisasi ini dikhawatirkan akan menyebabkan penghapusan dan penyaringan pengetahuan yang dianggap tidak islami, serta proyek Islamisasi dinilai tidak sesuai dengan kenyataan sejarah paradaban Islam. Melalui teori Quantum Nidhal mengajukan suatu pendekatan untuk melakukan integrasi antara agama dan sains, yaitu tidak bertentangan, penafsiran berlapis dan falsifikasi teistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...