Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 20 No. 1 (2025): Mei: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU MEDIA PIZZA DI SDN 1 NGEMBAL

Endry, Ravena Zahra (Unknown)
Septiarini, Diah Ayu Putri (Unknown)
Zuliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pizza melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas III SDN 1 Ngembal Kulon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan media pizza dalam pendekatan PMRI mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, dengan 80% siswa berhasil mencapai tingkat pemahaman yang baik. Media pizza memberikan pengalaman konkret yang membantu siswa memahami pecahan melalui kegiatan interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan alat bantu yang relevan dan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...