Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 20 No. 1 (2025): Mei: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM PERSFEKTIF FIQIH: UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS

Halimatu Sa’diah (Unknown)
Chanifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih merupakan upaya strategis untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan selaras dengan prinsip-prinsip syariat. Evaluasi ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur hasil belajar, tetapi juga menilai proses pembelajaran, metode pengajaran, dan dampak terhadap pembentukan karakter peserta didik. Dalam fiqih, evaluasi pendidikan mencakup aspek akidah, ibadah, dan akhlak, sehingga pembelajaran mampu menghasilkan individu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Dengan pendekatan ini, evaluasi menjadi instrumen penting dalam memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah. Melalui penerapan evaluasi yang berbasis fiqih, guru dan lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta merancang perbaikan yang tepat. Pendekatan ini mendorong keterpaduan antara aspek spiritual, intelektual, dan moral dalam sistem pendidikan. Selain itu, evaluasi berbasis fiqih memberikan landasan untuk menanamkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga pembelajaran tidak hanya berkualitas secara akademik, tetapi juga bermanfaat dalam membentuk generasi yang berkontribusi positif bagi masyarakat. Dengan demikian, evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan pendidikan yang tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga mendidik jiwa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...