Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 195 siswa. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimendan X IPS 1 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan bantuan SPSS 21. Dari hasil analisis data hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 4.844 > ttabel = 2.000 pada tarap signifikan 5% dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran project citizen pada matapelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Oleh karena itu model pembelajaran project citizen dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Copyrights © 2014