Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 4 No 2: Juni (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially pada Materi Masyarakat di Daerahku

Iskandar, Bunga (Unknown)
Suchyadi, Yudhie (Unknown)
Mirawati, Mira (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Genially pada materi masyarakat di daerahku untuk digunakan peserta didik ketika kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian yaitu 23 peserta didik kelas IV SDIT As-Salaam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Genially pada materi masyarakat di daerahku dinyatakan “Sangat Layak” digunakan di dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli, memperoleh hasil akhir validasi sebesar 93,3% (ahli media), 94% (ahli bahasa), dan 94,2% (ahli materi). Respon positif juga ditunjukkan oleh peserta didik dengan hasil rekapitulasi sebesar 94,5% dan guru 98%, yang menunjukkan peserta didik merasa tertarik dan sangat antusias sehingga dapat memotivasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...