Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age).Perlakuan oleh orang dewasa pada anak usia dini sangat menentukan tahap perkembangan selanjutnya. Salah satu isu global yang menjadi perhatian saat ini adalah tentang isu lingkungan atau keseimbangan alam. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bentuk pembelajaran ekopedaogik papda anak usia dini pada lembaga Pendidikan anak usia dini binaan Yayasan Pendidikan Nusa Cendana (Yapnusda) yakni TK. St. Dominikus Weepangali. penelitian dilakukan dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Responden penelitian adalah para guru atau tutor dan juga siswa. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalis berdasarkan prinsip paradigma penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan ekologi dilakukan melalui kegiatan rutin atau pembiasaan yang dikenal dengan istilah Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sedangkan implikasi dari penelitian ini adalah untuk membangun kesadaran ekologis bagi anak usia dini, ramah terhadap lingkungan dan menjadikan lingkungan sebagai pijakan untuk membangun kesadaran ekologis untuk ikut serta menyelesaikan krisis lingkungan, dan memandang bahwa alam memiliki jiwa spiritualitas sebagaimana manusia yang harus di hormati.
Copyrights © 2025