Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery dan media pembelajaran card sort pada pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri I Wakinamboro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri I Wakinamboro Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan yang terdiri dari 20 peserta didik. Data observasi yang diperoleh pada prasiklus adalah kurangnya perhatian peserta didik selama proses pembelajaran di kelas, hasil belajar peserta didik yaitu terdapat 9 peserta didik (45%) yang mencapai KKTP sedangkan 11 peserta didik (55%) yang tidak mencapai nilai KKTP dengan skor rata-rata kelas 53,68. Setelah menerapkan model pembelajaran discovery berbantuan media Card Sort pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat, sebanyak 13 peserta didik yang mencapai KKTP dan 7 peserta didik yang tidak mencapai KKTP. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 17 peserta didik mencapai KKTP dan 3 peserta didik yang tidak mencapai KKTP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery berbantuan media Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku.
Copyrights © 2025