Riset ini dilakukan untuk mengetahui aspek lingkungan dari dalam dan dari luar yang mempengaruhi strategi pemasaran pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah "Artha Bola Dunia Jaya" Sukadana Lampung Timur dan Untuk memahami alternatif strategi pemasaran yang tepat pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah "Artha Bola Dunia Jaya" Sukadana Lampung Timur.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan menggunakan sampel 10 orang responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dengan menggunakan matrik IFE, matrik EFE dan matrik kuadran SWOT.Belandaskan pada perhitungan matrik IFE, EFE dan kuadran TOWS KSPPS Artha Bola Dunia Jaya berada diposisi kuadran II dan dapat mengimplementasikan strategi diversifikasi
Copyrights © 2025