Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X IPS.1 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPS.2 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tingkat indikator keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples T-Test  dengan signifikansi α = .05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar  .020 dengan demikian hipotsis Ha  di terima kebenarannya bahwa terdapat pengaruh dari penerapan strategi active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar siswa  pada matapelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Hal ini terlihat pada perbandingan hasil uji hipotesis yaitu .020  terhadap α = .05, nilai sig. .020 < α = .05. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memvariasikan strategi pembelajaran yang diterapkan, salah satunya dengan cara menerapkan strategi active knowledge sharing sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015