Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 13 No 1 (2025): Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IKATAN KIMIA PADA ERA KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS DI SMAS KATOLIK VILLANOVA MANOKWARI

Tuapatinaya, Ricki (Unknown)
Parubak, Apriani Sulu (Unknown)
Surbakti, Putri Sarera (Unknown)
Yogaswara, Radite (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di era Kurikulum Merdeka. Menggunakan desain pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest, penelitian melibatkan 28 siswa kelas X di SMAS Katolik Villanova Manokwari. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata pretest (42,29) menjadi posttest (75,29). Analisis statistik dengan uji-t menunjukkan nilai sig. 0,000 (< 0,05), yang mendukung hipotesis bahwa TPS memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang) menunjukkan peningkatan hasil belajar yang baik, dengan kontribusi TPS sebesar 78%. Model TPS terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendukung prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penerapan model TPS secara lebih luas pada materi lainnya dan mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif di era pendidikan modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...