Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di era Kurikulum Merdeka. Menggunakan desain pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest, penelitian melibatkan 28 siswa kelas X di SMAS Katolik Villanova Manokwari. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata pretest (42,29) menjadi posttest (75,29). Analisis statistik dengan uji-t menunjukkan nilai sig. 0,000 (< 0,05), yang mendukung hipotesis bahwa TPS memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang) menunjukkan peningkatan hasil belajar yang baik, dengan kontribusi TPS sebesar 78%. Model TPS terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendukung prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penerapan model TPS secara lebih luas pada materi lainnya dan mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif di era pendidikan modern.
Copyrights © 2025