Awladuna : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2025): Awladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

LEARNING ANALYSIS THROUGH TEACHER LEADERSHIP

Tania Nur Hidayah (Unknown)
Yuniarti (Unknown)
Iin Maulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran melalui kepemimpinan guru di TK Aisyiyah Atfal 3 Kota Sintang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi guru di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 3 Kota Sintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di kelas melibatkan berbagai aspek seperti pemilihan materi, metode, alat, dan pendekatan yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan anak-anak. Guru menyiapkan materi kegiatan, termasuk materi inti dan materi pembiasaan, serta menggunakan bahan ajar yang fleksibel dan mendukung pembelajaran. Guru menerapkan pendekatan terpimpin, model pembelajaran individu, dan metode aktif serta kolaboratif. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan pemantauan perkembangan anak melalui berbagai aktivitas interaktif dan apresiasi simbolik seperti bintang atau catatan motivasi, sehingga secara keseluruhan pembelajaran melalui kepemimpinan guru dinyatakan ”cukup baik”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

awladuna

Publisher

Subject

Education Other

Description

Awladuna: Journal of Islamic Early Childhood Education is a peer-reviewed journal with blind review that focuses on issues of early childhood Islamic education and early childhood education. Issues accepted in this journal include: early childhood growth and development; environment and curriculum ...