Jurnal Adijaya Multidisiplin
Vol 3 No 02 (2025): Jurnal Adijaya Multidisiplin (JAM)

Analisis Ketimpangan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Daerah Pedesaan

Fadillah, Risna (Unknown)
Desmaryani, Respy (Unknown)
Lestari, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Ketimpangan sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan, masih menjadi persoalan mendasar yang berdampak pada rendahnya kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi ketimpangan fasilitas pendidikan antara wilayah perkotaan dan pedesaan serta faktor penyebab dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan wawancara semi-terstruktur dengan tenaga pendidik. Hasil menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di pedesaan menghadapi keterbatasan ruang kelas, infrastruktur yang tidak layak, minimnya akses teknologi, dan rendahnya dukungan masyarakat terhadap pendidikan. Ketimpangan ini disebabkan oleh distribusi anggaran yang belum merata, kendala geografis, serta rendahnya kesadaran pendidikan di komunitas terpencil. Dampaknya mencakup rendahnya motivasi belajar siswa, kesulitan guru dalam mengajar, serta rendahnya mutu lulusan. Pemerataan sarana prasarana perlu menjadi prioritas dalam kebijakan pendidikan untuk menjamin keadilan akses dan mutu pendidikan nasional

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Adijaya Multidisiplin Jurnal adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Imu Manajemen, Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...