Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 13 No. 2 (2024)

EFEKTIFITAS INSTRUMEN KETERAMPILAN INTERPRETASI, ANALISIS, DAN INFERENSI PADA TOPIK LISTRIK DAN KEMAGNETAN

Sultan, Ana Dhiqfaini (Unknown)
Kurniawan, Edy (Unknown)
Marisda, Dewi Hikmah (Unknown)
Handayani, Yusri (Unknown)
Saad, Rezkawati (Unknown)
Putri, Rezqi Sri Saleko (Unknown)
Hasin, Ardiansah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian berfokus pada pengujian kepraktisan dan efektivitas instrumen keterampilan interpretasi, analisis, dan inferensi (KBKr-IAI) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada topik listrik dan kemagnetan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur efektifitas instrumen KBKr-IAI yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika yang berjumlah 13 orang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen tes KBKr-IAI yang digunakan dalam penelitian telah dinyatakan valid melalui uji validitas. Instrumen tes yang dinyatakan valid berjumlah 7 soal, 3 soal untuk indikator interpretasi, 2 soal indikator analisis, dan 2 soal lainnya indikator inferensi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-gain yang berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen KBKr-IAI yang dikembangkan efektif untuk mengukur keterampilan interpretasi, analisis dan inferensi calon guru Fisika. Penelitian ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut pada seluruh indikator KBKr, dan seluruh topik pada perkuliahan Fisika Dasar 1 dan 2.

Copyrights © 2024