CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 9, No 1 (2025)

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING; TAHAP DEVELOPMENT MODEL ADDIE

Kurniawan, Ekin Dwi Arif (Unknown)
Pratiwi, Alfira Julian (Unknown)
Ridho, Dimas (Unknown)
Ardila, Mutia (Unknown)
Samosir, Rafidah Almira (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Kurangnya fasilitas laboratorium yang memadai dan panduan praktikum berkualitas rendah di banyak sekolah menengah atas menghambat pembelajaran praktikum kimia yang efektif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengembangkan dan mengevaluasi panduan praktikum kimia berbasis penyelidikan terbimbing yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip kimia hijau, menggunakan model ADDIE (berfokus pada tahap pengembangan). Validasi dilakukan oleh enam guru kimia dan dua dosen, menilai aspek-aspek seperti konten, bahasa, penyajian, dan desain. Metode kuantitatif deskriptif dalam kerangka RD digunakan untuk analisis. Panduan tersebut menerima skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,78 dari 5, yang menunjukkan bahwa panduan tersebut "sangat layak." Secara khusus, skor untuk konten, bahasa, penyajian, dan desain masing-masing adalah 4,78, 4,82, 4,78, dan 4,75. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa panduan tersebut sesuai untuk meningkatkan pembelajaran kimia praktis dan menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui kimia hijau di sekolah menengah atas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...