CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 9, No 1 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

Rahma, Fuad Dea (Unknown)
Sihombing, Junifa Layla (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar dan minat siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM pada materi laju reaksi. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kontrol, hasil penelitian menunjukkan N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan peningkatan skor rata-rata dari 44,30 menjadi 84,72 pada kelas eksperimen. Minat belajar juga meningkat dari 71,05 menjadi 82,16. Ditemukan korelasi yang kuat (r = 0,6671) antara hasil belajar dan minat, dengan kontribusi 44,5%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM efektif meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Ditemukan korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan minat belajar sebesar 0,6671 (kategori kuat), dengan kontribusi minat sebesar 44,5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis, Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...