Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Vol. 5, No. 1: Mei 2018

Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Siswa SMK Menghadapi Wawancara Kerja

Hidayat, Khorido (Unknown)
Widigdo, Rudianto Jati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan. Dengan demikian siswa SMK merupakan siswa yang disiapkan untuk langsung ke dunia kerja, salah satu tahapan yang harus ia lewati dalam proses perekrutan kerja adalah wawancara kerja. Pada kenyataannya banyak siswa SMK yang masih mengalami kecemasan ketika menghadapi wawancara kerja. Menurut Prayitno (dalam Yuliandita 2015) bimbingan kelompok adalah suatu layanan Bimbingan dan Konseling yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Role Playing adalah sebuah teknik yang merupakan campuran antara terapi reflek terkondisi, teknik psikodrama, dan terapi peran tetap. Melalui bimbingan kelompok dengan teknik role play, siswa dapat mengalami secara nyata situasi yang akan terjadi pada saat siswa melakukan wawancara kerja sehingga siswa dapat mempelajari keterampilan-keterampilan baru yang pada akhirnya akan mengurangi kecemasan siswa menjelang wawancara kerja berlangsung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan ...